Selasa, 07 Desember 2010

soal komdat

Tugas Pertanyaan
1.     Apa yang dimaksud dengan transmisi analog? Apa bedanya dengan transmisi digital?
Jawab:
Transmisi analog adalah suatu upaya mentransmisi sinyal analog tanpa memperhatikan muatannya: sinyal-sinyalnya dapat mewakili data analog atau data digital. Untuk jarak yang jauh dipakai amplifier yang akan menambah kekuatan sinyal sehingga menghasilkan distorsi yang terbatas.
Perbedaan transmisi analog dengan transmisi digital yaitu :
Transmisi analog : Sinyal analog ditransmisikan tanpa memperhatikan isinya, data dapat berupa data analog atau digital, terdapat redaman yang berbanding lurus dengan jarak,
Menggunakan amplifiers untuk memperkuat sinyal, noise/derau juga ikut dikuatkan
Transmisi digital : Memperhatikan isi data, Integritas terancam oleh noise/derau, redaman dan lainnya, Menggunakan pengulang / repeaters, repeater menerima sinyal, mengekstrak pola bit,dan kemudian ditransmisikan kembali dengan demikian, redaman dapat diatasi namun noise/derau tidak dikuatkan.

2.     Tuliskan perbandingan data analog dengan digital? Dan berapa kapasitas data analog dan digital yang ditransmisikan?
Jawab :
Data Analog disebarluaskan melalui gelombang elektro magnetik (gelombang radio) secara terus menerus dan banyak dipengaruhi oleh faktor penggangu, data analog menerima nilai yang terulang secara terus menerus dan kontinyu dalam beberapa interval . Kapasitas data analog
Data Digital merubah data menjadi sederhana yaitu hanya terdiri dari 1 dan 0 yang akan lebih mudah untuk disebarkan secara mudah tanpa terjadi gangguan. Kapasitas data digital tergantung pada besarnya data yang ditransmisikan
3.     Apa yang dimaksud dengan noise?
Jawab :
Noise adalah suatu sinyal baik yang bersifat suara, elektris, maupun elektronis yang hadir dalam suatu sistem (rangkaian listrik/ elektronika) dalam bentuk gangguan yang bukan merupakan sinyal yang diinginkan.
4.     Sebutkan apa yang dimaksud dengan intermodulasi?
Jawab :
Intermodulasi yaitu sinyal yang merupakan penjumlahan dan perbedaan frekuensi yang orisinil/asli melakukan sharing medium
5.      Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi noise?
Jawab :
Faktor – faktor yang mempengaruhi noise yaitu :
a.     Faktor Alam seperti              : Cuaca, Panas, Angin, kilat, petir, halilintar
b.     Faktor buatan manusia         : Arus listrik yang tidak stabil sebagai akibat dari seringnya
menghidupkan dan mematikan lampu, elektronika digital, kamutator dalam motor
c.      Faktor dari noise itu sendiri : Thermal noise. Thermal noise berhubungan dengan
 perpindahan elektron yang cepat dan acak dalam alat konduktor akibat digitasi thermal. Shot noise: noise jenis ini muncul karena penyampaian sinyal yang tidak beraturan pada keluaran (output) alat elektronik yang digunakan, seperti pada transistor dua kutub. Transit-time noise: Arus sinyal yang dibawa melintasi sistem masukan dan keluaran pada alat elektronik, (misalnya dari penyampai (emitter) ke pengumpul (collector) pada transistor) menghasilkan noise yang tidak beraturan dan bervariasi.
6.     Sebutkan apa yang dimaksud dengan spectrum daya analog?
Jawab :
Spectrum yaitu rentang frekuensi yang diduduki oleh sinyal
7.     Apa keuntungan dan kerugian dari transmisi analog? Dan apa bedanya dengan transmisi digital?
Jawab:
Keuntungan          : dapat mentransmisikan data dengan jarak yang jauh, bisa dipantulkan, dapat mentransmisikan data pada lalulintas yang padat
Kerugian               : Rentan terhadap noise,  Mudah terjadi crosstalk, Sinyal analog yang dipancarkan tanpa melihat isi, atuneasi setelah menempuh jarak tertentu, memperkuat noise, proses transmisi lambat.
Tabel perbedaan transmisi analog dan transmisi digital

Transmisi Analog
Transmisi Digital
1.     Rentan terhadap Noise
2.     Signal yang diterima diproses dengan diulang dan diamplifikasi.
3.     Mudah terjadi crosstalk
4.     Bentuk sinyal kontinyu.
5.     Kualitas signal diukur dalam satuan S/N (Signal To Noise Ratio)
1.     Tahan terhadap Noise
2.     Proses regenerasi dilakukan bagi signal yang diterima.
3.     Bebas cross talk
4.     Bentuk signal diskrit (discrete)
5.     Kualitas signal diukur dalam BER (Bit Error Rate)


8.     Media apa yang dipakai untuk media transmisi analog? Mengapa transmisi analog membutuhkan lebih banyak overhead dalam mentransmisikan data.
Jawab:
Media yang digunakan yaitu Modem. Karena dalam penyampaian atau pentransmisian data yang secara kontinyu dapat menimbulkan noise yang menyebabkan data yang diterima tidak lengkap, overhead yang akan mengecek dan memperbaiki data agar data yang ditransmisikan tidak terjadi kesalahan.
9.     Apa yang dimaksud dengan overhead dalam transmisi analog?
Jawab : overhead adalah banyaknya informasi tambahan yang harus ditransmisikan pada suatu circuit untuk memastikan sistem penerima dalam mendapatkan data yang benar dan data itu bebas dari kesalahan. Secara tipikal ketika sutu circuit membutuhkan lebih banyak overhead, bandwidth yang tersedia untuk mengirim data yang sebenarnya menjadi berkurang.
10.  Noise dibagi dalam 2 kategori yaitu :
a.     Electromagnetic Interference (EMI)
b.     Radio Frequency Interference (RFI)
Apa definisi dari EMI dan RFI?
Jawab:
a.     Electromagnetic Interference (EMI) dihasilkan oleh circuit yang menggunakan alternating signal(sinyal bolak-balik), sebagai contoh jika qita menyambungkan kabel pada aki mobil maka arus listrik akan mengalir pada kabel tersebut dan jika qita mengukurnya dengan alat multitester maka besar tenggangan tetap konstan 12 volts. Aki mobil merupakan contoh dari direct current circiut (arus searah)
b.     Radio Frequency Interference (RFI) yaitu gelombang elektromagnetik yang berosilasi antara audio dan inframerah dalam spektrum elektromagnetik, yang merupakan sinyal yang” tidak diinginkan” yang diterima oleh suatu perangkat yang mencegah jelas atau terbaik “ingin” penerimaan sinyal. RFI dihasilkan jika dua sinyal mempunyai properti yang sama. Bentuk gelombang bisa bergabung, sehingga bisa mengubah frekwensi dan amplitude  dari sinyal yang asli.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar